Sunday, February 25, 2018

RESEARCH & INOVATION


awal mula dari sebuah riset saya itu dari adanya permasalahan atau abnormal pada peralatan di tempat saya bekerja. mulai awal saya masuk di perusahaan ini saya sangat tertarik dengan bapak senior namanya Pak Rahman. Bapak ini selalu melakukan perbaikan dan riset.
pada waktu itusaya menikmati pekerjaan di bidang RTU hanya sebentar itu pun hanya waktu OJT. kemudian saya ditempatkan di bagian Dispatcer. dispatcer itu kerjanya hanya terima telp dan bicara di radio. saya merasakan selama 3 tahun di bagian ini. akhirnya ada lowongan di bagian SCADA. kemudian saya mengajukan pindah ke bagian tersebut.
waktu itu ada 2 pilihan di bagian SCADA(telkom atau RTU). akhirnya saya terdampar di bagian RTU - SCADA dari tahun 2012- sekarang.

berinovasi,
awal mula saya berinovasi itu bukan karena kehendak saya tapi karena sebuah ajakan dari atasan saya pada awal tahun 2012. saya pun nggak punya background berinovasi. pada waktu itu saya masih di bagian dispatcer. saya pun membuat alat inovasi yang konyol judulnya SIBIBI (pendetekSI BInatang dalam kuBIkel) sebuah alat yang mendeteksi hewan di dalam kubikel yang mengandalkan sensor PIR saja dan mengirim indikasi via sms . dan rencana itu menggunakan mikrokontroller starduino. meng googling trus akhirnya nemu si ARDUINO.

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

jaman dahulu belum mengenal arduino clone. beda sama jaman now banyak sekali versi clone. dan waktu itu beli versi original langsung dari famosastudio.com.

latar belakang saya hanya arus kuat. tidak ada basic arus lemah atau elektronika.sehingga ketika melakukan experiment selalu gak pakai teori tapi dari hasil praktek. menurut saya arduino itu mikrokontroller yang sangat mudah dipakai. belajar otodidak pun bisa.

inovasi tahun 2012 itu hanya sampai tingkat  unit saja (disjatim). akan tetapi arduino saya ternyata masih dipakai oleh tim lain (MONETA). Alhamdulillah saya di ikutkan tim itu sampai melaju Nasional meskipun jadi anggota pupuk bawang (tukang bawa bawa alat).
dari sinilah saya merasakan betapa wahh, seandainya bisa naik panggung menerima piala juara. pada waktu itu tim MOneta juara 3 di nasional. dari situ saya penasaran gimana ya rasanya lomba di depan juri dan juara naik panggung nerima piala??????

tahun 2013 saya mencoba ikut"an gabung di inovasi temen. saya kali ini tidak bikin alat hanya nummmpang saja. dan inovasinya pun hanya sampai unit saja. mencoba lagi di tahun 2014, tapi kali ini saya membuat alat yang berawal dari sebuah permasalahan di tempat kerja saya. yaitu RTU (remote terminal unit) mengalami hang, solusinya yaitu reset atau matikan power sebentar dengan bantuan operator GI. pada waktu itu ada beberapa GI tanpa operator. akhirnyya saya membuat alat reset RTU dari Master Station berbasis arduino dengan dikasih protokol MODBUS. dan alat saya bisa sampai ke nasional juara 3.

lanjut tahun 2015 membuat alat fingerprint sebagai keamanan ruang server SCADA. tahun ini saya kurang beruntung hanya sampai unit saja. coba lagi membuat alat di tahun 2016 yaitu DUMMY scada 20kv. alat ini hanya sampai tingkat regional.

lanjut 2017 saya membuat alat lagi berbasis arduino dengan protokol modbus tcp dan modbus rtu. yang saya namai SIMOR (simple module RTU). alat ini saya implementasikan di perusahaan sebagai modul IO sebuah RTU existing di tempat kerja saya. awal mulanya saya hanya bisa bikin modul IO yang protokolnya hanya modbus rtu port serial RS485. dan ketika maju regional di oprek trus akhirnya bisa bikin RTU sebagai gateway juga atau modbus master. dan alhamdulillah sampai nasional JUARA 3.

dari tahun ke tahun saya selalu menggunakan arduino dengan protocol modbus. dikarenakan software master station maupun RTU existing tempat kerja saya sudah support modbus. dan protokolnya free. cuma kelemahannya tidak mempunyai timestamp. dan tidak termasuk dalam SPLN.

Modbus adalah protokol komunikasi serial yang dipublikasikan oleh Modicon pada tahun 1979 untuk diaplikasikan ke dalam programmable logic controllers (PLCs). Modbus sudah menjadi standar protokol yang umum digunakan untuk menghubungkan peralatan elektronik industri.

dari beberapa kali inovasi, baru kali ini ada semua omongan dari seseorang, "BERHENTILAH BERINOVASI". 

apakah inovasi saya merugikan perusahaan???
 YA - karena alat saya menggunakan biaya dari perusahaan
TIDAK - karena alat saya sudah bisa menguntungkan bagi perusahaan, memudahkan bagi pegawai untuk bekerja dan meningkatkan penjualan KWH, selain itu juga mengharumkan nama unit saya bekerja.

omongan orang itu saya anggap sebuah angin yang baunya nggak enak yang lewat begitu saja (no kentut).  saya tetap melakukan riset dan inovasi.

No comments:

Post a Comment

cara menyetting modul ADAM 4055

untuk merubah setting modul adam 4055 1. pasang power supply dan kabel data rs485 2. jumper terminal init ke terminal (b) GND