Monday, May 21, 2018

read current, voltage, real power and frequency PM710 with SIMOR (Arduino uno, ethernet shield, and rs485 shield)



pm710 adalah power meter digital yang memiliki protocol modbus rtu dengan port komunikasi RS485. PM ini memiliki 2 type data yaitu float dan integer.

ditempat kerja saya yang sekarang banyak sekali power meter jenis ini. yang mana gatewaynya sering mengalami hang. sehingga data yang tampil di HMI master station tidak update.

akhirnya saya menggunakan sebuah mikrokontroller yang supper canggih yaitu Arduino Uno sebagai gatewaynya dari PM tersebut. pertama kali saya trial ini di kantor dengan PM spare 3 jam oprek tidak ada hasil. akhirnya saya nyerah, saya masukin ke dalam tas kerja dan saya bawa pulang.

sampai di rumah masih penasaran kenapa kok nggak mau di baca, padahal pakai usb to rs485 normal tanpa masalah. langkah pertama:
1. coba mengganti shield rs485, tapi masih belum ada hasil sampai ganti 5x kalo nggak salah
2. ganti mikrokontroller arduino. alhamdulillah ada hasil.
coba tanya" di grup WA modbus arduino arduino yang saya pakai ada kesalahan cetak arduino mega black clone salah serial. tapi saya nggak mau ambil pusing. arduinonya saya lelang dengan harga 2rb.
karena shield rs485 hanya cocok di port serial 0.

hari telah tiba senin tanggal 21 mei 2018. saya mencoba untuk memasang di GI Krian dengan membaca beberapa parameter seperti:
1. tegangan
2. daya
3. arus
4. frekwensi
dengan total 10 power meter.

pada saat mencoba implementasi, ada kesulitan yaitu mengecek ID, baudrate, parity. karena tampilan angkanya kurang sempurna (cek gambar di atas). tapi alhamdulillah ada 1 PM yang angkanya yang agak sempurna dan sudah diketahui ID, parity dan baudratenya.

setelah itu cek arus per masing" feeder. kemudian kabel rs485 yang di panel gateway saya lepas. saya cek satu persatu IDnya. alhamdulillah sudah ketemu semua.
dan sekarang sudah bisa dipantau dari master station 10 power meter tersebut.

register addres pm710

library modbus master

manual modbus master

selamat berinovasi


No comments:

Post a Comment

report blynk with simor

ternyata blynk mempunyai fitur report dari hasil pembacaan yg realtime. durasinya 1 menit.